Sabtu, 20 April 2013

Kesetaraan Terindah




“… sesungguhnya kaum wanita setara dengan laki-laki. (HR. Abu Daud)
Maka kiranya siapa yang telah memisahkan keduanya dalam pengagungan hak-haknya yang mulia tanpa cela. Jahiliyah model mana yang membuat mereka lalai dari kesetaraan terindah? Apakah mereka yang menyanjung wanita, mengangkatnya sampai langit-langit yang mengawang, pujian tanpa makna? Apakah mereka yang memperbudak dengan penghancuran pola pikir, bahwa wanita dihargai pada potensi fisiknya yang selalu menarik?
“Allah menjanjikan kepada laki-laki dan perempuan yang beriman, akan surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, mereka kekal didalamnya. Dan juga tempat tinggal yang baik di dalam surga ‘Adn, sedangkan keridhaan Allah itu lebih besar, itulah keuntungan yang agung.”(QS. At-Taubah 72)
“Supaya Allah memasukan laki-laki dan perempuan yang beriman akan surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, mereka kekal didalamnya. Dan juga tempat tinggal yang baik didalam surga ‘Adn, sedangkan keridhaan Allah itu lebih besar, itulah keuntungan yang agung.” (al-Fath 5)
Demikianlah, ada hak-hak individu yang masing-masingnya tak melampaui. Bagaimanapun dunia adalah ladang untuk kehidupan akhirat. Maka jadilah dunia sebagai tempat kesetaraan, kesetaraan dalam berjalan menjalankan tugas ibadah dua jenis manusia, laki-laki dan perempuan. Berserah, beriman, istiqamah, sabar, khusyu, dan sebagainya. Agar ampunan dan pahala besar menjadi milik masing-masing dalam kebersamaan keshalihan.
Laki-laki dan perempuan, disanalah menanti tugas, fungsi dan posisi pada poros masing-masing. Kata yang merangkum kesetaraan, saling mengenal, tiada hasud, dengki maupun iri, semua sama, hanya ketakwaan pada-Nya yang dapat membedakan. Semua sama diberi pendengaran, penglihatan dan hati yang dengannya semua potensi dikerahkan. Meski orang buta atau pun tuli sekali pun, mereka masih tetap mempunyai mata hati. Semua sama, mempunyai tugas untuk mengabdi pada Illah Rabbi. Semua sama, mempunyai kesempatan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, melejitkan potensi. Semua sama  dihadapan Allah…

0 komentar:

Posting Komentar