Selasa, 07 Mei 2013

Fitrah yang Terlupakan…




“Dan kami tidak mengutus seorang rasulpun sebelum engkau (Muhammad) melainkan Kami wahyukan kepadanya: "Bahwasanya tidak ada Ilah (yang berhak disembah) melainkan Aku, Maka sembahlah (beribadahlah) kepada-Ku". (QS. Al-Anbiya 25)
Maksud beribadah dalam ayat ini adalah bertauhid (Mengesakan Allah). Mereka yang bisa menjaga amanah dan dirinya dengan baik, juga berakhlaq sesuai Al-Qur’an. Syahadat merupakan bentuk ataupun esensi ketauhidan kepada Allah. 
^^Keutamaan-keutamaan kalimat Syahadat^^
1.    Pembuka pintu syurga
“man qala Lailaha illallah, dakhalal jannah : Barangsiapa yang berkata Tiada Ilah selain Allah, masuk surga” (hadits).
2.    Tiket izin pemberi syafaat atau pertolongan QS. 43:86
“Dan orang-orang yang menyeru kepada selain Allah tidak mendapat syafa'at (pertolongan di akhirat); kecuali orang yang mengakui yang hak (tauhid) dan mereka meyakini”. (QS. Az-Zukhruf 86)
3.    Landasan aqidah dan amal
4.    Hakikat dakwah para Rasul (menolak, ragu, mengikuti) (QS. 3:31, 6:19, 16:36)
“Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintai dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS. Al-Imran 31)

“Katakanlah: "Siapakah yang lebih Kuat persaksiannya?" Katakanlah: "Allah". dia menjadi saksi antara Aku dan kamu. dan Al Quran Ini diwahyukan kepadaku supaya dengan itu Aku memberi peringatan kepadamu dan kepada orang-orang yang sampai Al-Quran (kepadanya). apakah Sesungguhnya kamu mengakui bahwa ada Ilah-Ilah lain di samping Allah?" Katakanlah: "Aku tidak mengakui (bersaksi)." Katakanlah: "Sesungguhnya hanya Dia lah Ilah yang Maha Esa dan Sesungguhnya Aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan (dengan Allah)". (QS. Al-An’am 19)

“Dan sungguhnya kami Telah mengutus Rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): "Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut", kemudian di antara mereka ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula di antaranya orang-orang yang tetap dalam kesesatan. Maka berjalanlah kamu dimuka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul). (QS. An-Nahl 36)

5.    Tanda proklamasi seseorang dari kejahiliahan (pintu masuk kedalam Islam) QS. 7:172, 47:19
“Dan (ingatlah), ketika Rabb-mu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku Ini Rabb-mu?" mereka menjawab: "Betul (Engkau Rabb kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap Ini (keesaan Allah)". (QS. Al-A’raf 172)

“Maka Ketahuilah, bahwa Sesungguhnya tidak ada Ilah (yang patut disembah) selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat kamu tinggal”. (QS. Muhammad 19)
Itulah keutamaan-keutamaan kalimat syahadat yang merupakan inti pokok dari ajaran Islam, rukun islam pertama. Diharapkan tak hanya sekedar tahu kalimatnya saja, namun mampu memahami makna dan esensinya untuk diterapkan dalam kehidupan sehingga dapat mengakar dalam diri pun diri yang lain.

Wallahu’alam bishshawab…







0 komentar:

Posting Komentar