Minggu, 24 Februari 2013

uniknya ia diciptakan



Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana ia diciptakan? (QS. 88:17)
Unta adalah binatang padang pasir yang Allah beri kelebihan, salah satu hewan yang tercantum dalam al-qur’an. Fakta ini diungkapkan di beberapa ayat al-qur’an yang senantiasa menekankan bahwa segalanya yang diciptakan oleh Allah hakikatnya adalah bukti keimanan dan pelajaran untuk mengingatkan umat manusia.
Karakteristik khusus yang dimiliki unta adalah struktur tubuhnya yang tidak terpengaruh meskipun hidup di tengah kondisi yng paling keras. Tubuhnya mempunyai kelebihan dimana selama berhari-hari unta dapat hidup tanpa air dan makanan, bahkan dapat melakukan perjalanan dengan membawa beban ratusan kilogram di punggungnya.
Berikut ini ada beberapa hal bagaimana unta di desain secara khusus, diantaranya:
Bagian kaki, kakinya memiliki dua jari yang saling terkait dengan bantalan yang fleksible dengan empat bulatn tebal yang memungkinkan kakinya bertahan kuat pada tanah. Lututnya dilindungi oleh callus (kulit yang keras dan tebal) sehingga tahan panas.
Bagian punduk, punduk unta banyak berisi lemak dan mempunyai persediaan makanan secara periodic pada saat kelaparan. Dengan system ini unta dapat hidup selama 3 minggu tanpa air.
Bulu-bulunya, bulu unta ini terdiri dari rambut tebal dan bulu kempa yang tidak hanya melindungi tubuhnya dari konisi cuaca dingin dan panas, namun juga menghinari kehilangan air tubuhnya.
Bagian kepala, bulu mata unta berbentuk dua sisir terpisah yang saling melekat. Dalam keadaan bahaya, bulu matanya secara otomatis menutup. Dengan bentuk seperti ini, tidak memungkinkan mudahnya masuk sebutir pasir kecil pun ke matanya. Hidung dan telinganya pun ditutupi oleh rambut yng panjang untuk perlindungan dari debu dan pasir. Lehernya yang panjang memudahkannya untuk mengambil makanan dedaunan yang tingginya 3 m dari tanah.
Selain itu, unta memiliki bibir yang sangat kuat seperti karet yang menjadikannya mudah untuk memakan duri yang cukup tajam menembus kulit. Lebih lanjut, ia mempunyai system pencernaan yang kuat sehingga unta dapat makan apa saja yang ia dapati seperti piring plastic, kapel tembaga dan buluh.perutnya yang terbagi dalam empat ruangan sudah terbiasa dengan segalanya, meskipun selain makanan. Hl ini dapat bermanfaat di kondisi iklim apapun.
Seperti makhluk lain, unta juga diciptakan dengan beberapa karakteristik yang diciptakan sebagai tanda kesempurnaan penciptaan alam semesta yang diberikan Allah untuk kepentingan umat manusia.
Wallahu ‘alam bish shawab…

            

0 komentar:

Posting Komentar